Jumat, 25 Januari 2013

UKP MUATAN 1


1.     Jelaskan apa yang di maksud dengan bongkar muat secara cepat, teratur dan sistematis
Jawab :
Yang di maksud Bongkar muat secara cepat, teratur dan sistematis adalh : menciptakan  suatu proses bongkar muat yang efisien dan efektif dalam penggunaan waktu dan biaya

2.     a.  Jelaskan apa yg di maksud dengan stowage plan
b.     apa kegunaan stowage plan ?
c.      siapa yang membuat stowage plan ?
jawab :
a.      Stowage Plan adalah : sebuah gambaran informasi mengenai rencana pengaturan muatan, letak muatan, jumlah muatan, serta berat muatan di atas kapal
b.     Kegunaan Stowage plan :
1.     Dapat mengetahui letak muatan, berat, dan jumlahnya
2.     Dapat memperhitungkan jumlah buruh yang akan di perlukan
3.     Dapat memperhitungkan lamanya pembongkaran
4.     Sebagai dokumen tanggung jawab atas pengaturan muatan
c.      Yang membuat stowage plan adalah mualim I
3.     Sebuah ruang muat mempunyai kapasitas 1.200 m3.Ruang telah dimuati muatan A sebanyak 300 ton dengan SF = 1,13 m3/ton & BS diperhitungkan sebanyak 8 %,selan jutnya ruangan tsb akan dimuati lagi dgn muatan B sebanyak 400 ton dengan SF = 2,26 m3/ton & BS diperhitungkan 15 %.
a.      jelaskan dengan perhitungan apakah sisa ruang muat itu cukup untuk menampung muatan B ?
b.     bila tidak cukup,hitunglah berat muatan B yang dapat dimuat ?
Jawab :
diket :
Vr            = 1.200 m3
Muatan A = 300 ton, SF = 1,13 m3/ton, BS =   8 %
Muatan B = 400 ton,SF = 2,26 m3/ton, BS = 15 %
Dit           = T
jawab :
Vr            =     T . SF
                 (1 – BS)
          = 300 x 1,13
               (1 – 8 %)
          = 339
             0,92
          = 368,478 m3
volume ruang sisa = 1.200 - 368,478 m3
                          =  831,522 m3
b.berat muatan B yang bisa dimuat =
T              =  Vr (1 – BS)
                      SF
=  831,522 x 0,85
                   2,26
=  706,7937
                    2,26
           =  312,74 ton
4.     Sebuah kapal memiliki geladak antara dgn ukuran panjang = 9 m,lebar = 3,5 m & tinggi = 3 m,daya tampung geladak tsb (DLC) =1,5 ton/m2 akan dimuati tembaga BJ = 2,4 dalam pemuatannya BS diperhitungkan sebesar 5%.Hitunglah berapa ton tembaga yang dpt dimuat agar tdk melebihi bts kemampuan geladak tsb?
diket : V  = (P = 9 m,L = 3,5 m & T = 3 m)
            C   = 1,5 ton/m2
            BJ = 2,4
            BS = 5 %
ditanya : berapa ton DLC kapal tsb ?
jawab :
H = C . SF
    = 1,5 x (1/2,4)
    = 1,5 x 0,42
    = 0,63

T  = V (1 – BS)
             SF
    = (9 x 3,5 x 0,63) x (1 - 5%)
                        0,42
    = 19,845 x 0,95
               0,42
    = 44,9 ton
5.     Jelaskan apa yang di maksud dengan
a.     STOWAGE Faktor
b.     Broken Stowage
c.      Over stowage
d.     Filler cargo
e.      Option cargo
Jawab
a.      STOWAGE Faktor adalah : besarnya ruangan dalam myang di butuhkan untuk memuat  muatan sebesar 1 ton
b.     Broken Stowage adalah : Besarnya presentase % jumlah ruangan yang hilang atau ruang yang tidak terpakai pada pengaturan muatan dalam suatu palka
c.      Over stowage adalah : muatan yang seharusnya di bongkar di suatu pelabuhan tertentu terhalang oleh muatan di atasnya
d.     Filler cargo : adalah Muatan yang di pakai  untuk mengurangi BS
e.      Option cargo : adalah muatan yang memiliki lebih dari satu pelabuhan bongkar dan menunngu kebutuhan shipper atau belum di ketahui tujuannya

2 komentar: