1. pada derajah derajah manakah terdapat :
a.
1 mil laut = 1861 M
b.
1 mil laut = 1855 M
c.
1 mil laut = 1852 M
d.
1 mil laut = 1843 M
JAWAB :
a. 1 mil laut = 1861 M : terdapat pada 1 menit derajah pada kutub 90O
b. 1 mil laut = 1855 M : terdapat pada 1 menit derajah pada katulistiwa 0O
c. 1 mil laut = 1852 M : terdapat pada 1 menit derajah pada lintang 45O
d. 1 mil laut = 1843 M : terdapat pada 1 menit derajah katulistiwa
2.jelaskan yg dmaksud dengan:
·
Baringan pedoman
·
Baringan magnet
·
Baringan sejati
·
Baringan relatif
jawab :
- Baringan pedoman adalah : sudut yg dibentuk oleh arah utara pedoman dengan garis baringan.
- Baringan magnet adalah : sudut yg dibentuk oleh arah utara magnet dengan garis baringan.
- Baringan sejati adalah : sudut yg dibentuk oleh utara sejati dengan garis baringan
- Baringan relatif adalah: sudut yg dibentuk antara garis haluan kapal dengan garis baringan.
3.a. jelaskan perbedaan dari
sistem perpelampungan “A” dan sistem perpelampungan “B” ?
Sistem
perpelampungan A :
·
Memasuki
alur pelabuhan bouy merah disebelah kiri lambung kapal
·
Bouy
hijau disebelah kanan lambung kapal
·
Gabungan
system lateral dan cardinal
Sistem
perpelampungan B :
·
Memasuki
alur pelabuhan bouy merah disebelah kanan lambung kapal
·
Bouy
hijau disebelah kiri lambung kapal
·
System
lateral saja
b.apakah perbedaan dari sistem perpelampungan
lateral dan cardinal serta dimanakah kedua sistem itu ditempatkan, jelaskan !
system
lateral :
·
dipakai
diperairan sempit atau perairan pedalaman
·
menandakan
batas bahaya
·
dibedakan
atas sisi kiri dan sisi kanan
system cardinal :
·
dipakai
dilaut lepas
·
menandakan
sector aman
·
dibedakan
atas sector utara, selatan, barat dan timur.
4.a.jelaskan apa yg dimaksud
dengan variasi dan deviasi ?
Variasi : sudut yg dibentuk oleh utara
sejati dengan utara magnet.
Deviasi : sudut yg dibentuk antara utara
magnet dengan utara pedoman.
b.bagaimanakah
cara memperoleh variasi dan deviasi tersebut ?
variasi diperoleh : mawar pedoman
pada peta laut,peta variasi dan buku kepanduan bahari.
Deviasi diperoleh : daftra
deviasi dikamar peta / anjungan.
5.apakah arti dari sebuah suar
dengan data2 sebagai berikut :
Gp Ft (4) R 21 m 21 M
Gp
Ft (4) : kelompok cerlang 4x cerlang.
R
: warna merah
21m : ketinggian suar diukur dari
tinggi suar sampai permukaan air surut terendah adalah 21 meter.
20M
: jarak tampak suar 20 mil
6.MV
TEHORU MARU berlayar dengan haluan Hp : timur, kecepatan kapal : 12 KNOTS.
Tepat pada jam 20.00 suar MASA LEMBO berada dikiri haluan kapal, data suar
tersebut ada tertera dipeta / dftar suar, (Gp Ft (3) W 10s 14m 20 M.
Tepat
jam 20.00 saat suar nampak dibaring dengan Bp 1 : 47O kemudian pada
jam 21.15 suar tersbt hilang dbalik cakrawala dibaring lgi dengan Bp : 317O.
Dik variasi dipeta = 05OB dan deviasi pda haluan trsebut = + 63O.
Diminta posisi kapal pda jam 20.00 dan 21.45 !
Dik :
HP : 90O
S : 12 knot
Var : 05O B
Dev : + 63O
BP 1 : 047O
BP2 : 317O
Dit:
Posisi kapal pda
jam 22.00 dan 21.15
Jawab:
ST = VARIASI + DEVIASI
= 05O + 63O
= 068O
HS = HP + ST
=090o + 086o
= 176o
BS1 = BP1 + ST
= 047o + 068O
=115o
BS2 = BP2 + ST
= 317o + 068O
= 385o
Jarak = s x waktu
= 12 x 75/60
= 15 NM
Ijin komentar mau nanya itu yg HS =HP+St. Trus yg ST=086 derajah atau 068 derajat pak makasih salam 1 jiwa mohon di perjelas pak biar gak bingung
BalasHapusMenyebut satuan sudut, jadinya derajat.. Derajah ada pengertiannya lagi...
HapusPak izin bertnya 90 derajat dapat dari mna yah?
HapusIjin komen pak, saya kurang paham, s X waktu, S=12 , . Waktu nya 75/60 di Didapat dari mana ya pak, mohon di jawab ya pak, selamat malam
BalasHapusWaktu tempuhnya sama dengan 75 menit... Jarak (dalam hal ini pakai satuan mil) = kecepatan (Knot atau mil/jam) X waktu (jam)
HapusJarak(mil) = 12(mil/jam) × 75/60 jam...
Coret jam nya karena sudah terbagi habis.. Sisa mil...
75/60 = 1,25
Jadi 12x1,25 = 15 mil..
Artinya kapal dengan kecepatan 12 knot, dalam waktu 1 jam menempuh 12mil..
Dalam waktu 1,25 jam atau 1 jam 15 menit, kapal menempuh jarak 15 mil... Krn setiap 15 menit kapal menempuh jarak 3 mil
Maaf bapak, saya mau bertanya tentang BS apakah tidak perlu dikurangi atau ditambah dengan 180?
BalasHapusKM. KUDA LAUT berlayar dengan haluan 145° dan melakukan baringan terhadap pulau Masa Lima dengan kecepatan kapal 8 knot dan Variasi 1°10’ T, Deviasi 1° B. BP1 terjadi pada pukul 07.30, BP2 terjadi pada pukul 08.15.
BalasHapusTentukan BP1, BP2, BP3 dan posisi kapal pada pukul 08.15 dan pada saat melakukan BP3. Lukis posisi kapal pada lembar jawaban.
mohon bantuan Tolong dijawabkan mksih
BalasHapusKM. LAMARU berlayar dengan haluan kapal 45° dan perwira jaga melakukan baringan terhadap Pulau Ambo sebesar ( BP1 ) 90° pada pukul 08.30 dan pada pukul 09.30 kembali di baring ( BP2 ). Variasi 3°30’ B, Deviasi 1° B dengan kecepatan kapal 8 knot.Tentukan posisi kapal pada pukul 09.30 dan lukis posisi kapal pada kertas jawaban! Permisi mhon maaf tolong dijawabkan terimakasih :)
Sekarang kita latihan soal perhitungan mendapatkan Deviasi Pedoman Magnet kapal sdra sbb : Diketahui Variasi ditempat sdra ( - ) 2 derajat increasing 8' Annualy, Peta dibuat dgn edition thn 2005...... Tepat disuatu W point sdr akan merubah haluan/ Altering Course dari 180 derajat ke 270 derajat. terdapat 2 benda di W point yg di buat di peta dengan garis baringan dipeta ( BS ) 225 derajat. Dan pada saat sdra di w point tersebut sdr membaring dgn pedoman magnet standard BP = 230 derajat...... Hitung : Variasi digunakan thn 2020 ; Hitung : BM Kedua benda tsb. ; Berapa deviasi pedoman standard pada haluan 270 derajat /Haluan barat........... Saya ulangi soalnya sbb: Var di mawar ped. (-) 2 ;
BalasHapusMohon izin, setahu saya jika variasi/deviasi barat, maka nilainya jadi (-), sehingga apabila V=05 B, deviasi +63, maka sembir atau salah tunjuknya menjadi +58 bukan +68. Izin arahannya
BalasHapus