Minggu, 17 Januari 2016

METEOROLOGI 8

1.jelaskan apa yg dimaksud dengan :
a.sistem tekanan pelana anty cyclonal : Iengkungan isobar daerah tekanan tinggi lebih tajam drpd lengkungan isobar daerah tek rendah.

b.anemometer : alat yang digunakan untuk mengukur  kecepatan angin.
c.gaya coriolis : Gaya yang membelokkan arah angin terhadap arah gradien tekanan udara.Gaya ini timbul karena adanya rotasi bumi (perputaran bumi pada porosnya)

2.a. jelaskan apa sebabnya angin pasat hanya djumpai diatas samudra dan tidak dijumpai diatas benua ?
Karena angin pasat bersumber dari daerah tekanan tinggi subtropika menuju daerah equatorial.

b.jelaskan apa yg dimaksud dengan :
angin muson : angin periodik yang diwaktu musim Summer mengalir masuk ke dalam benua dan waktu musim winter mengalir keluar benua

hygrometer rambut : alat yg digunakan untuk mengukur kelembaban udara.

3.a.terangkan secara singkat prinsip kerja barograf dan sebutkan bagian2 dari barograf !
Barograf pda dasarnya sama dengan barometer aneroid, jarum penunjuk diganti dengan pencatat dan skala tekanan udara diganti dengan silinder takanan udara blanko. Tangkai pencatat yg sudah dlengkapi dengan tinta disandarkan pada blanko. Blanko berputar dan tangkai pencatat meninggalkan garis bekas pada kertas grafik dan dapat diketahui nilai tekanan udara.
Bagiannya : silinder yg berputar, batang penghubung, batang pengangkat pena,sumbu, botol tinta, susunan kotak hampa udara.

b.tulis dan jelaskan secara singkat penggolongan front cuaca !
secara geografis !
1.          Front equatorial / Intertropical Convergence zone = CZ :  front cuaca terbentuk di daerah equatorial terjd krn pertemuan antara jenis udara equatorial yg satu dg jenis udara equatorial yg lain.
2.          Front Pasat : Front cuaca terbentuk di daerah Sub Tropikal terjd krn adanya pertemuan antara jenis udara tropika yg satu dg jenis udara tropika yg lain.
3.          Front Polair : front cuaca terbentuk di daerah sedang dan terjd krn pertemuan antara jenis udara tropika dg jenis udara polair.
Front Polair Secundair adalah Front cuaca yg terbentuk di daerah sedang dan terjadi krn adanya pertemuan antara jenis udara polair yg satu dg jenis udara polair yg lain.
4.          Front Arktis adalah front cuaca terbentuk di daerah kutub dan terjd adanya pertemuan antara jenis udara Polair dg jenis udara Arktis

4.a.jika pembacaan pada termometr 34Oc. Hitung berapa themperature pda derajat R dan F !
R = 4/5 x C                   F = 9/5 x ( C + 32)
R = 4/5 x 34O                 F = 9/5 x (34+ 32)
R = 27,2 O                     F = 9/5 x 64
                                    F = 115,2 O

b.tulis dan jelaskan berapa macam cara untuk menyatakan tingkat kelembaban udara !
·  lembab udara relatif menyatakan kelembaban udara dalam satuan persen
·  lembab udara absolute menyatakan bnyak gram uap air yg terkandung didalam tiap satu meter kubik udara.
·  Mixing ratio menyatakan bnyak gram uap air yg bercampur dengan tiap 1kg udang kering.
·  Dewpoint temperatur menyatakan dimana temperatur dimana suatu udara mulai menghasilkan kondensasi

5.a. koreksi2 apa saja yg perlu diadakn pada pembacaan barometer air raksa jelaskan !
·  Koreksi index : penunjukan dijabarkan untuk suhu diperhitungkan juga salah-salah yg telah diketahui dg seksama. Sangat dianjurkan untuk memeriksa waktu ke waktu apakah nilai koreksi itu mengalami perubahan.
Pemeriksaan berada di pelabuhan .

·  Koreksi tinggi :      berdasarkan perhitungan permukaan laut. Pd lapisan atmosfer yg terbawah ditempatkan pengamatan dikpl dilakukan berat jenis air raksa mendekati 13,596 / 001293 atau kira kira = 10,500 X berat jenis udara

b.apakah perbedaan antara ngin gradien dan angin geografis ?
·  Angin Geostropis : Angin yang mengalir disekitar isobar – isobar yang lurus tanpa mengalami gesekan – gesekan dengan permukaan bumi.

·  Angin Gradien : angin yang mengalir disekitar isobar –      isobar yang melengkung tanpa mengalami gesekan dengan permukaan bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar