Senin, 18 Januari 2016

KOMPAS DAN KEMUDI 2

1.a. sebutkan macam2 alat baringan yg digunakan diatas kapal !
Alat baringan ada 4 macam :
Manual : jarum semat, penjara benang, thompson, azimuth circle & pelorus.
Menentukan derajah yaitu : kompas / pedoman magnet basah dan kering untuk menentukna arah dan tujuan kapal.

Radio elektronik :
RADAR ( radio detection ranging ) alat untuk membaring, mendeteksi & menentukan jarak dengan radio.
RDF ( radio direction finder )

Pengukur sudut secara datar : sextant alat yg digunakan untuk menentukan sudut baik secara tegak / horisontal antara dua garis yg ditarik dari dua titik dari seorang pengamat.,

b.jelaskan cara menggunakan salah satu alat baring yg anda sebutkan diatas !
prinsip penggunaan alat baringan jarum semat :
prinsipnya kita melihat jarum dan benda dalam 1 garis lurus. Dengan melihat dari arah belakang kearah suatu benda sedemikian rupa sehingga jarum dan benda menjadi satu dan kemudian pada skala derajat pada piringan pedoman yg terpotong oleh jarum, arah benda dapat dilihat dari kapal / dapat dibaca.

2.a. apa yg dimaksud dengan sifat peka piringan pedoman ?
Sifat peka adalah Bila piringan diputar keluar dari arah keseimbangannya, misalnya oleh benda-benda magnetis, maka harus cepat kembali kekedudukan seimbang setelah pengaruh magnet dihilangkan ( dijauhkan )

b.apa yg dimaksud dengan tenang piringan pedoman ?
sifat tenang adalah Bila terganggu oleh faktor dari luar misalnya ombak, getaran mesin dll tidak mudah bergerak pada arah penunjukannya atau tidak mudah mengayun


3.a. jelaskan perbedaan pedoman magnet dan pedoman gyro ( pedoman gasing )?
Pedoman magnet :  prinsip kerjanya tergantung pada sifat2 magnet dari sebuah magnet batang dan pengaruh magnet bumi.

Pedoman gyro : prinsip kerjanya tidak tergantung pada sifat2 magnet bumi melainkan pda cara kerja gyroscope dan tergantung pada tenaga listrik.

b.dimana saja pedoman magnet ditempatkan diatas kapal dan kegunaan/fungsi masing2 ?
·  di Monkey Island yg berfungsi sbg alat untuk membaring.
·  Di anjungan / bridge sbg pedoman haluan untuk mengemudikan kapal.

4.jelaskan keuntungan dan kerugian pedoman basah ( air ) terhadap pedoman kering ?
Keuntungan :
·       Moment magnet lebih besar / kuat
·       Moment perlambatan besar menyebabkan keterangan pada piringan
·       Peredaman berguna untuk menahan bantingan / goyangan zat cair
·       Dapat dingunakan di kapal-kapal kecil

Kerugian :
·         Harganya mahal
·         Perbaikanya sulit
·         Sulit untuk menimbal
·         Jika terjadi gelembung udara maka :
a.       pedoman tidak tenang
b.       Terjadi pengembunan pada tutup kaca sehingga sukar             dibaca

5.terangkan istilah dari sebuah sistem penataan kemudi kapal berikut ini :
a. emergency steering gear : sistem kemudi yg digunakan dalam keadaan darurat ( emergency ).

b. rudder angle indicator : untuk menunjukkan dan mengetahui arah / sudut pergerakan dari daun kemudi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar