1.a.
Apakah yg dimaksud dengan variasi dan deviasi itu ?Jelaskan disertai gambar !
Variasi adalah : sudut yg dibentuk oleh utara sejati dengan utara magnet.
Deviasi adalah : sudut yg dibentuk antara utara magnet dengan utara pedoman.
b.kapankah variasi
dan deviasi ini bernilai positif
(+),bernilai negatif(-) dan bernilai nol. Jelaskan !
variasi positif
(+): apabila
arah utara magnet menyimpang kekanan terhadap utara sejati
variasi negatif : apabila arah utara magnet
menyimpang kekiri terhadap utara sejati
variasi nol : apabila arah utara magnet
berhimpit dengan utara sejati
deviasi positif (+) : apabila arah utara pedoman
menyimpang kekanan terhadap utara magnet.
deviasi negatif (-) : apabila arah utara pedoman
menyimpang kekiri terhadap utara magnet.
deviasi nol :apabila arah utara pedoman
berhimpit dengan utara magnet.
c.mengapa sebab
terjadinya sudut penyimpangan variasi dan deviasi itu ?
sebab terjadinya :
sudut penyimpangan variasi terjadi : karena arah utara magnetic yg
dipengaruhi oleh kekuatan magnet bumi setempat yg berubah secara periodik.
sudut penyimpangan Deviasi terjadi : karena arah utara pedoman yg
tergantung daripada haluan kapal yg dipengaruhi oleh utara magnetik.
2.fungsi apakah
buku2 navigasi yg anda temukan dikapal seperti :
a.buku kepanduan
bahari (pilot book ) : untuk memberikan keterangan-keterangan umum untuk setiap daerah, terutama yang menjadi interes bagi pelaut di dunia ini. Untuk daerah-daerah yang diterangkan, diberikan juga nomor petanya.
b.buku harian kapal
: sbg bukti
otentik setiap tindakan dan setiap kejadian di atas kapal dan mempermudah segi
kontrol dari pihak2 yg bersangkutan dengan kapal.
c.berita pelaut (
NTM ) : untuk mengetahui perubahan2 yg ada di peta laut dan untuk mengetahui bahaya2 navigasi terbaru.
d.daftr pasang
surut : suatu
daftar yg mmberikan keterangan suatu tempat mengenai pasang dan surut nya air
laut.
3.a.anda diangkat
sbg 2/off diatas kapal.
- apa tanggung jawab anda sbg 2/off dan
- apakah yg hrus anda perhatikan dalam menarik garis haluan dipeta untuk rencana suatu voyage ?
Tanggung jwab 2/off
yaitu :
- Melaksanakan tugas jaga saat berlayar dan di pelabuhan
- Menarik garis haluan di peta berdasarkan petunjuk danpersetujuan dari Nakhoda
- Memeriksa tersedianya peta-peta dengan koreksi terakhir danbuku-buku navigasi untuk keperluan pelayaran yang direncanakan danmelakukan koreksi sesuai dengan informasi terakhir yang ada di kapal
- Menentukan posisi kapal tengah hari dan menyiapkan laporanposisi tengah hari
- Merawat semua peralatan dan perlengkapan navigasi sertamenyiapkan semua laporan pencatatannya.
- Melaksanakan perawatan sosok benda termasuk bendera-bendera,lampu-lampu navigasi dan alat-alat isyarat
- Melaksanakan pengamanan dan perawatan ruang kemudi, ruangpeta dan navigasi serta instrumennya termasuk teropong, teleskop,lampu aldis dan handy talky selama kapal berada di pelabuhan
- Bekerjasama dengan KKM untuk mempersiapkan voyage reportsecara teliti dan tepat waktu
- Menyiapkan setiap laporan cuaca yang dibutuhkan bekerjasamadengan Perwira Radio
- Melaksanakan tugas sebagai Perwira Kesehatan, mempersiapkandan menjamin bahwa persediaan peralatan kesehatan dan obat-obatancukup untuk pelayaran dimaksud
Yg
perlu diperhatikan dalam menarik garis haluan didalam peta :
- Under Keel Clearence yg cukup sepanjang pelayaran .
- Jarak aman dari bahaya navigasi .
- Posisi merubah haluan yg terkontrol oleh radar / visual .
- Melewati bagan pemisaah dg aman .
- Jarak tampak lampu / suar / bouy yang dilewati .
- Kecepatan aman sepanjang route .
- Posisi lapor / Reporting Point
- Penerbitan Navigasi yg Up To Date .
- Saat mengganti peta tidak ditempat yang kritis / banyak bahaya .
-
b.apakajh yg
dmaksud dngan haluan dan garis haluan itu ?
haluan adalah : Haluan adalah sudut yang dihitung mulai dari suatu arah utara ke kanan sampai arah
horisontal dari bidang membujur kapal ke depan/lunas kapal. Haluan dihitung ke kanan dari
000 derajat
sampai 360 derajat
Garis haluan : Haluan dipeta dimana
kapal akan dikemudikan yang dinyatakan dalam derajad.
c.apa
yg anda ketahui tentang peta no.1 (peta indonesia !
- peta nomor 1 adalah peta yang memuat simbol simbol dan singkatan singkatan pada peta laut indonesia
4.diketahui
HP : 260O, BP : 102O, var : 10OB, dan dev : +
5O.
Dminta
hitung nilai HS,HM,BS dan BM :
ST : VAR + DEV
: -10 + 5 : - 5OB
HS : HP + ST
: 260O + -5O :
255O
HM : HP + DEV
: 260O + 5O :
265O
BS : BP + ST
: 102O + (-5) : 97O
BM : BS – VAR
: 97O – (-10) : 107O
5.pada
30 feb 2004 mv yapana maru berlayar dengan hp : 105O kecepatan kapal
12 knots. Variasi dipeta 03O T (1994). Increasing annualy 10’
deviasi pda haluan +02O.pda jam 22.00 sebuah lampiu suar dbaring BP
: 075O, kemudian kapal berlayar dngan haluan dan kcepatan yg sma
hingga 45 menit dbaring lagi suar tsb BP 45O
Dminta
: tentukan posisi kapal pada jam tsb.
Dik :
HP : 105O
S : 12 knot
Var : 03O T
( 1994 ) mc ann = 10’
Dev : + 02O
BP 1 : 075O
BP2 : 045O
Dit:
Posisi kapal pda
jam 22.00 dan 22.45
Jawab:
Var (1994 ) =
03O00’ T
Inc ann 10’ x 10
= 01O40’ +
Variasi (2004 ) = 04O
40’ T
ST = VARIASI + DEVIASI
= 04O40’ + 02O
= 06O 40’
HS = HP + ST
=105o + 06o
40’
= 111o 40’
BS1 = BP1 + ST
= 075o + 06O
40’
=081o 40’
BS2 = BP2 + ST
= 045o + 06O
40’
= 51o 40’
Jarak = s x waktu
= 12 x 45/60
= 9 NM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar