Minggu, 17 Januari 2016

ILMU PELAYARAN DATAR 3

1.a. Apakah yg dimaksud dengan variasi dan deviasi itu ?Jelaskan disertai gambar !
Variasi adalah  : sudut yg dibentuk oleh utara sejati dengan utara magnet.





















Deviasi adalah  : sudut yg dibentuk antara utara magnet dengan utara pedoman.













b.kapankah variasi dan deviasi ini  bernilai positif (+),bernilai negatif(-) dan bernilai nol. Jelaskan !
variasi positif (+): apabila arah utara magnet menyimpang kekanan terhadap utara sejati
variasi negatif : apabila arah utara magnet menyimpang kekiri terhadap utara sejati
variasi nol : apabila arah utara magnet berhimpit dengan utara sejati
deviasi positif (+) : apabila arah utara pedoman menyimpang kekanan terhadap utara magnet.
deviasi negatif (-) : apabila arah utara pedoman menyimpang kekiri terhadap utara magnet.
deviasi nol :apabila arah utara pedoman berhimpit dengan utara magnet.

c.mengapa sebab terjadinya sudut penyimpangan variasi dan deviasi itu ?
sebab terjadinya :
sudut penyimpangan variasi terjadi : karena arah utara magnetic yg dipengaruhi oleh kekuatan magnet bumi setempat yg berubah secara periodik.
sudut penyimpangan Deviasi  terjadi : karena arah utara pedoman yg tergantung daripada haluan kapal yg dipengaruhi oleh utara magnetik.

2.fungsi apakah buku2 navigasi yg anda temukan dikapal seperti :

a.buku kepanduan bahari (pilot book ) :   untuk memberikan keterangan-keterangan umum untuk setiap daerah, terutama yang menjadi interes bagi pelaut di dunia ini. Untuk daerah-daerah yang diterangkan, diberikan juga nomor petanya.

b.buku harian kapal : sbg bukti otentik setiap tindakan dan setiap kejadian di atas kapal dan mempermudah segi kontrol dari pihak2 yg bersangkutan dengan kapal.

c.berita pelaut ( NTM ) : untuk mengetahui perubahan2 yg ada di peta laut dan untuk mengetahui bahaya2 navigasi terbaru.

d.daftr pasang surut : suatu daftar yg mmberikan keterangan suatu tempat mengenai pasang dan surut nya air laut.

3.a.anda diangkat sbg 2/off diatas kapal. 
  • apa tanggung jawab anda sbg 2/off dan 
  • apakah yg hrus anda perhatikan dalam menarik garis haluan dipeta untuk rencana suatu voyage ?


Tanggung jwab 2/off yaitu  : 
  1. Melaksanakan tugas jaga saat berlayar dan di pelabuhan
  2. Menarik garis haluan di peta berdasarkan petunjuk danpersetujuan dari Nakhoda
  3. Memeriksa tersedianya peta-peta dengan koreksi terakhir danbuku-buku navigasi untuk keperluan pelayaran yang direncanakan danmelakukan koreksi sesuai dengan informasi terakhir yang ada di kapal
  4. Menentukan posisi kapal tengah hari dan menyiapkan laporanposisi tengah hari
  5. Merawat semua peralatan dan perlengkapan navigasi sertamenyiapkan semua laporan pencatatannya.
  6. Melaksanakan perawatan sosok benda termasuk bendera-bendera,lampu-lampu navigasi dan alat-alat isyarat
  7. Melaksanakan pengamanan dan perawatan ruang kemudi, ruangpeta dan navigasi serta instrumennya termasuk teropong, teleskop,lampu aldis dan handy talky selama kapal berada di pelabuhan
  8. Bekerjasama dengan KKM untuk mempersiapkan voyage reportsecara teliti dan tepat waktu
  9. Menyiapkan setiap laporan cuaca yang dibutuhkan bekerjasamadengan Perwira Radio
  10. Melaksanakan tugas sebagai Perwira Kesehatan, mempersiapkandan menjamin bahwa persediaan peralatan kesehatan dan obat-obatancukup untuk pelayaran dimaksud
Yg perlu diperhatikan dalam menarik garis haluan didalam peta :

  • Under Keel Clearence yg cukup sepanjang pelayaran .
  • Jarak aman dari bahaya navigasi . 
  • Posisi merubah haluan yg terkontrol oleh radar / visual .
  • Melewati bagan pemisaah dg aman . 
  • Jarak tampak lampu / suar / bouy yang dilewati . 
  • Kecepatan aman sepanjang route . 
  • Posisi lapor / Reporting Point 
  • Penerbitan Navigasi yg Up To Date . 
  • Saat mengganti peta tidak ditempat yang kritis / banyak bahaya .



b.apakajh yg dmaksud dngan haluan dan garis haluan itu ?

haluan adalah  : Haluan adalah sudut yang dihitung mulai dari suatu arah utara ke kanan sampai arah
horisontal dari bidang membujur kapal ke depan/lunas kapal. Haluan dihitung ke kanan dari
000 derajat
sampai 360 derajat

Garis haluan : Haluan dipeta dimana kapal akan dikemudikan yang dinyatakan dalam derajad.

c.apa yg anda ketahui tentang peta no.1  (peta indonesia !

  1. peta nomor 1 adalah peta yang memuat simbol simbol dan singkatan singkatan pada peta laut indonesia



4.diketahui HP : 260O, BP : 102O, var : 10OB, dan dev : + 5O.
Dminta hitung nilai HS,HM,BS dan BM :
ST        : VAR + DEV
            : -10 + 5 : - 5OB

HS       : HP + ST
            : 260O + -5O : 255O

HM      : HP + DEV
            : 260O + 5O : 265O

BS        : BP + ST
            : 102O + (-5) : 97O

BM      : BS – VAR
            : 97O – (-10) : 107O

5.pada 30 feb 2004 mv yapana maru berlayar dengan hp : 105O kecepatan kapal 12 knots. Variasi dipeta 03O T (1994). Increasing annualy 10’ deviasi pda haluan +02O.pda jam 22.00 sebuah lampiu suar dbaring BP : 075O, kemudian kapal berlayar dngan haluan dan kcepatan yg sma hingga 45 menit dbaring lagi suar tsb BP 45O
Dminta : tentukan posisi kapal pada jam tsb.

Dik :
HP : 105O
S : 12 knot
Var : 03O T ( 1994 ) mc ann = 10’
Dev : + 02O
BP 1 : 075O
BP2 : 045O
Dit:
Posisi kapal pda jam 22.00 dan 22.45

Jawab:
Var (1994 )      =    03O00’ T
Inc ann 10’ x 10 =   01O40’      +
Variasi (2004 ) =   04O 40’ T

ST        = VARIASI + DEVIASI
            = 04O40’ + 02O
            = 06O 40’
HS       = HP + ST
            =105o + 06o 40’
            = 111o 40’

BS1      = BP1 + ST
            = 075o + 06O 40’
            =081o 40’

BS2      = BP2 + ST
            = 045o + 06O 40’
            = 51o 40’

Jarak    = s x waktu
            = 12 x 45/60
            = 9 NM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar