Jumat, 25 Januari 2013

UKP MUATAN


1.     Jelaskan apa yang di maksud dengan prinsip pemuatan mengenai :
a.     Melindungi muatan
b.     Bongkar muat secara cepat, teratur dan sistematis
Jawab :
a.      Melindungi muatan adalah mencegah terjadinya kerusakan muatan, pada saat pemuatan, di kapal atau pun saat di pelabuhan tujuan
b.     Yang di maksud Bongkar muat secara cepat, teratur dan sistematis adalh : menciptakan  suatu proses bongkar muat yang efisien dan efektif dalam penggunaan waktu dan biaya

2.     Apakh yang di maksud dengan Broken Stowage itu dan bagaimanakah mengetahui bahwa terjadi broken stowage dalam suatu kegiatan pemuatan. Berikan contoh menghitung besarnya suatu BS yang terjadi
Jawab :
BS adalah : Besarnya presentase % jumlah ruangan yang hilang atau ruang yang tidak terpakai pada pengaturan muatan dalam suatu palka.
BS = Volume Palka – Volume Muatan x 100%
                       Volume Palka
Contoh :
Dik          Vr            : 2500 cbm
                Muatan    :2000 ton beras
                SF            : 1,2
Vm          = SF.T
Vm          = 1,2 x 2000 = 2400 m3
BS            = 2500 – 2400 x 100%
                         2500
                = 0,04%
3.     Jelaskan minimal 4 jenis penerapan DUNNAGE tetap yang terdapat pada kapal cargo dan kegunaan masing masing dari penerapan tersebut.
Jawab :
Penerapan tetap (permanent dunnage)terdiri dari :
1.     wilah keringat (sweat/cargo batten) letak  nya disamping² pada dinding palka
2.     papan alas palka (bottom/floor ceiling)  letaknya didasar palka/diatas tank top & di loteng palka
3.     papan penutup got (lumber board) letak nya diatas got² palka
4.      papan penutup pipa²/dinding panas (woodens heating) letaknya pada pipa² panas dalam palka & pada dinding yang berbatasan langsung dengan kamar mesin

4.     Apakah yang di maksud dengan :
a.      Manifest
b.     Bill of Lading
c.      Mate Receipt
d.     Cargo Demage Report
e.      Letter of idemnity
f.      Cargo stowage Plan
Jawab :
a.      Manifest adalah surat yg merupakan suatu daftar barang²/muatan yang telah dikapalkan.
b.     Bill of Lading : -  adalah surat persetujuan pengangkutan barang antara pengirim (shipper) & perusahaan pelayaran (owner)dengan segala konsekuensinya yg tertera pada surat tsb/surat kepemilikan barang se bagaimana yang tertera surat tsb & dpt diperjual belikan sehingga bill of lading ini a/ surat berharga
c.      Mate Receipt : surat tanda  terima barang/muatan diatas kapal sesuai dengan keadaan muatan tsb yang ditanda tangani oleh mualim 1.
d.     Cargo Demage Report : surat berita acara kerusakan muatan yang terjadi diatas kapal  sehubungan tanggung jawab pihak carrier.
e.      Letter of idemnity :  surat jaminan yang di buat shipper untuk memperoleh claim B/L dimana shipper akan bertanggung jawab  apabila timbul claim atas barang tersebut.
f.      Cargo stowage Plan : sebuah gambaran informasi mengenai rencana pengaturan muatan diatas kapal yang mana gambar tsb menunjukkan pandangan samping (denah)  & pandangan atas (profil) dr letak²,jumlah & berat muatan yang berada dalam palka  sesuai tanda pengiriman (onsigment mark)  bagi masing² pelabuhan tujuannya.

5.     Sebuah palka dengan volume 2500 m3 dipenuhi dengan muatan karung karungan. Sesuia data yang ada, karung dalam kapal tersebut = 12000 karung berat tiap karung 90 kg jika SF muatan = 1,90 m3/ton hitunglah berapa BS dalam Pemuatannya
Jawab :
Dik     Vr           =  2.500   m3
            SF          =  1,9 m3/ton
Berat muatan ( T ) = 12.000 x 90 = 1.080.000 kg / 1080 ton
Dit     BS = … ?
jawab :
Vm    = SF . T
          = 1,9 x 1.080
          = 2.052.m3

x 100 %
 
BS      =  (Vr – Vm)

x 100 %
 
                      Vr
           = (2500 – 2052)
                    2500
= 0,179 %

2 komentar:

  1. sip banget informasinya gan. . .cuma saya orang mesin jadi cuma bisa baca2 aja gak begitu paham

    BalasHapus
  2. Mudah"an bermanfaat buat orang bayak.

    BalasHapus