Senin, 18 Januari 2016

KOMPAS DAN KEMUDI 2

1.a. sebutkan macam2 alat baringan yg digunakan diatas kapal !
Alat baringan ada 4 macam :
Manual : jarum semat, penjara benang, thompson, azimuth circle & pelorus.
Menentukan derajah yaitu : kompas / pedoman magnet basah dan kering untuk menentukna arah dan tujuan kapal.

Radio elektronik :
RADAR ( radio detection ranging ) alat untuk membaring, mendeteksi & menentukan jarak dengan radio.
RDF ( radio direction finder )

Pengukur sudut secara datar : sextant alat yg digunakan untuk menentukan sudut baik secara tegak / horisontal antara dua garis yg ditarik dari dua titik dari seorang pengamat.,

b.jelaskan cara menggunakan salah satu alat baring yg anda sebutkan diatas !
prinsip penggunaan alat baringan jarum semat :
prinsipnya kita melihat jarum dan benda dalam 1 garis lurus. Dengan melihat dari arah belakang kearah suatu benda sedemikian rupa sehingga jarum dan benda menjadi satu dan kemudian pada skala derajat pada piringan pedoman yg terpotong oleh jarum, arah benda dapat dilihat dari kapal / dapat dibaca.

2.a. apa yg dimaksud dengan sifat peka piringan pedoman ?
Sifat peka adalah Bila piringan diputar keluar dari arah keseimbangannya, misalnya oleh benda-benda magnetis, maka harus cepat kembali kekedudukan seimbang setelah pengaruh magnet dihilangkan ( dijauhkan )

b.apa yg dimaksud dengan tenang piringan pedoman ?
sifat tenang adalah Bila terganggu oleh faktor dari luar misalnya ombak, getaran mesin dll tidak mudah bergerak pada arah penunjukannya atau tidak mudah mengayun


3.a. jelaskan perbedaan pedoman magnet dan pedoman gyro ( pedoman gasing )?
Pedoman magnet :  prinsip kerjanya tergantung pada sifat2 magnet dari sebuah magnet batang dan pengaruh magnet bumi.

Pedoman gyro : prinsip kerjanya tidak tergantung pada sifat2 magnet bumi melainkan pda cara kerja gyroscope dan tergantung pada tenaga listrik.

b.dimana saja pedoman magnet ditempatkan diatas kapal dan kegunaan/fungsi masing2 ?
·  di Monkey Island yg berfungsi sbg alat untuk membaring.
·  Di anjungan / bridge sbg pedoman haluan untuk mengemudikan kapal.

4.jelaskan keuntungan dan kerugian pedoman basah ( air ) terhadap pedoman kering ?
Keuntungan :
·       Moment magnet lebih besar / kuat
·       Moment perlambatan besar menyebabkan keterangan pada piringan
·       Peredaman berguna untuk menahan bantingan / goyangan zat cair
·       Dapat dingunakan di kapal-kapal kecil

Kerugian :
·         Harganya mahal
·         Perbaikanya sulit
·         Sulit untuk menimbal
·         Jika terjadi gelembung udara maka :
a.       pedoman tidak tenang
b.       Terjadi pengembunan pada tutup kaca sehingga sukar             dibaca

5.terangkan istilah dari sebuah sistem penataan kemudi kapal berikut ini :
a. emergency steering gear : sistem kemudi yg digunakan dalam keadaan darurat ( emergency ).

b. rudder angle indicator : untuk menunjukkan dan mengetahui arah / sudut pergerakan dari daun kemudi.

KOMPAS DAN KEMUDI 1


1.a. sebutkan jenis2 kompas diatas kapal dan penempatannya ?
·  Kompas magnet / kompas standard ( diatas anjungan )
·  Kompas gyro ( didekat depan sterring )
·  Kompas kemudi ( didepan kemudi )
·  Kompas darurat ( didalam sekoci / rescue boat )

b.mengapa penempatan repeator gyro dluar anjungan sebelah kanan / kiri ?
penempatan repeator gyro dluar anjungan sebelah kanan / kiri agar cakrawala bebas, sehingga pandangan pada saat membaring tidak terhalang benda2 diatas kapal.

2.a. apa keuntunjan pedoman magnit basah dibandingkan dengan pedoman magnet kering ?
Keuntungan :
·  Moment magnet lebih besar / kuat
·  Moment perlambatan besar menyebabkan keterangan pada piringan
·  Peredaman berguna untuk menahan bantingan / goyangan zat cair
·  Dapat digunakan dikapal2 kecil

b.gambarkan penampang tegak dari pedoman magnit basah dan sebutkan komponen2nya ?



a.     Kaca tutup ketel
b.     Tanduk
c.     Sumbat
d.     Pengapung
e.     Magnet
f.      Semat
g.     Tromol dari kunigan yg bergaya pegas
h.     Jembatan kuningan utk menyangga sarang semat dan semat
i.       Pemberat
j.      Ketel berisi cairan


3.a.terangkan fungsi dari “rudder indicator”?
Berfungsi untuk : untuk menunjukkan dan mengetahui arah / sudut pergerakkan dari daun kemudi

b.apa yg disebut dengan hard to port ?
hard to port : perintah dari nakhoda / perwira jaga kepada kemudi untuk menggerakkan kemudi kiri penuh.

4.a. dimanakah letak emergency steering gear diatas kapal ?
berada di steering room / buritan

b.apakah yg dimaksud dengan emergency steering gear drill ?
emergency steering gear : suatu pelatihan kemudi darurat yg dilakukan / dilaksanakan oleh tiap2 kapal untuk mengantisipasi adanya kesalahan dari sistem kemudi di anjungan.

5.apakah yg dimaksud dengan turning speed ? dimanakah letak indicator turning speed?
Turning speed :  sebuah alat indikator yg menunjukkan besarnya kecepatan berputar / memutar sebuah kapal.

Letaknya dari indikator turning speed berada dipanel kemudi ( anjungan ).

Minggu, 17 Januari 2016

METEOROLOGI 8

1.jelaskan apa yg dimaksud dengan :
a.sistem tekanan pelana anty cyclonal : Iengkungan isobar daerah tekanan tinggi lebih tajam drpd lengkungan isobar daerah tek rendah.

b.anemometer : alat yang digunakan untuk mengukur  kecepatan angin.
c.gaya coriolis : Gaya yang membelokkan arah angin terhadap arah gradien tekanan udara.Gaya ini timbul karena adanya rotasi bumi (perputaran bumi pada porosnya)

2.a. jelaskan apa sebabnya angin pasat hanya djumpai diatas samudra dan tidak dijumpai diatas benua ?
Karena angin pasat bersumber dari daerah tekanan tinggi subtropika menuju daerah equatorial.

b.jelaskan apa yg dimaksud dengan :
angin muson : angin periodik yang diwaktu musim Summer mengalir masuk ke dalam benua dan waktu musim winter mengalir keluar benua

hygrometer rambut : alat yg digunakan untuk mengukur kelembaban udara.

3.a.terangkan secara singkat prinsip kerja barograf dan sebutkan bagian2 dari barograf !
Barograf pda dasarnya sama dengan barometer aneroid, jarum penunjuk diganti dengan pencatat dan skala tekanan udara diganti dengan silinder takanan udara blanko. Tangkai pencatat yg sudah dlengkapi dengan tinta disandarkan pada blanko. Blanko berputar dan tangkai pencatat meninggalkan garis bekas pada kertas grafik dan dapat diketahui nilai tekanan udara.
Bagiannya : silinder yg berputar, batang penghubung, batang pengangkat pena,sumbu, botol tinta, susunan kotak hampa udara.

b.tulis dan jelaskan secara singkat penggolongan front cuaca !
secara geografis !
1.          Front equatorial / Intertropical Convergence zone = CZ :  front cuaca terbentuk di daerah equatorial terjd krn pertemuan antara jenis udara equatorial yg satu dg jenis udara equatorial yg lain.
2.          Front Pasat : Front cuaca terbentuk di daerah Sub Tropikal terjd krn adanya pertemuan antara jenis udara tropika yg satu dg jenis udara tropika yg lain.
3.          Front Polair : front cuaca terbentuk di daerah sedang dan terjd krn pertemuan antara jenis udara tropika dg jenis udara polair.
Front Polair Secundair adalah Front cuaca yg terbentuk di daerah sedang dan terjadi krn adanya pertemuan antara jenis udara polair yg satu dg jenis udara polair yg lain.
4.          Front Arktis adalah front cuaca terbentuk di daerah kutub dan terjd adanya pertemuan antara jenis udara Polair dg jenis udara Arktis

4.a.jika pembacaan pada termometr 34Oc. Hitung berapa themperature pda derajat R dan F !
R = 4/5 x C                   F = 9/5 x ( C + 32)
R = 4/5 x 34O                 F = 9/5 x (34+ 32)
R = 27,2 O                     F = 9/5 x 64
                                    F = 115,2 O

b.tulis dan jelaskan berapa macam cara untuk menyatakan tingkat kelembaban udara !
·  lembab udara relatif menyatakan kelembaban udara dalam satuan persen
·  lembab udara absolute menyatakan bnyak gram uap air yg terkandung didalam tiap satu meter kubik udara.
·  Mixing ratio menyatakan bnyak gram uap air yg bercampur dengan tiap 1kg udang kering.
·  Dewpoint temperatur menyatakan dimana temperatur dimana suatu udara mulai menghasilkan kondensasi

5.a. koreksi2 apa saja yg perlu diadakn pada pembacaan barometer air raksa jelaskan !
·  Koreksi index : penunjukan dijabarkan untuk suhu diperhitungkan juga salah-salah yg telah diketahui dg seksama. Sangat dianjurkan untuk memeriksa waktu ke waktu apakah nilai koreksi itu mengalami perubahan.
Pemeriksaan berada di pelabuhan .

·  Koreksi tinggi :      berdasarkan perhitungan permukaan laut. Pd lapisan atmosfer yg terbawah ditempatkan pengamatan dikpl dilakukan berat jenis air raksa mendekati 13,596 / 001293 atau kira kira = 10,500 X berat jenis udara

b.apakah perbedaan antara ngin gradien dan angin geografis ?
·  Angin Geostropis : Angin yang mengalir disekitar isobar – isobar yang lurus tanpa mengalami gesekan – gesekan dengan permukaan bumi.

·  Angin Gradien : angin yang mengalir disekitar isobar –      isobar yang melengkung tanpa mengalami gesekan dengan permukaan bumi.

METEOROLOGI 7

1.a. apakah yg dimaksud dengan lapisan ozon ?
Lapisan ozon : lapisan udara terluar dari atmosfer yg melindungi makhluk hidup dibumi terhadap paparan tidak ramah dari luar angkasa.

b.apakah keuntungan dan kerugian lapisan ozon sehubungan dengan “ sinar ultraviolet matahari “ ? jelaskan !
keuntungan : melindungi makhluk hidup dibumi terhadap paparan tidak ramah dari luar angkasa.
Kerugian : efek buruk sinar matahari adalah pemanasan global dan dapat menyebabkan kanker kulit bagi manusia.

2.sebutkan alat2 meteorologi yg digunakan untuk mengukur :
a.berat jenis air : salinometer
b.kelembaban udara : hygrometer
c.arah dan kecepatan angin : anemometer.

3.a.terangkan mengapa kita perlu mengukur kelembaban udara didalam ruang palka, jika mengangkut muaatan tertentu ?
Karena dengan kita mengetahui kelembaban udara dalam palka maka kita dapat mengetahui resiko2 yg akan terjadi terhadap muatan tersebut.

b.jelaskan hubungannya antara kelembaban udara dalam palka ini dengan peranginan palka tersebut ?
didalm palka membutuhkan peranginan yg cukup agar muatan tersebut tetap dalam kondisi baik, apabila peranginan didalam palka tersebut tidak diperhatikan maka akan mengalami kelembaban udara dalam palka tsbt dan akan merusak muatan yg ada didalam palka . dengan adanya peranginan maka sirkulasi udara dalam palka tetap teratur.

4.a. sebutkan data2 cuaca yg dicatat dalam buku harian kapal !
·  Arah angin
·  Kecepatan angin
·  Keadaan laut
·  Tinggi gelombang
·  Tekanan udara
·  Themperatur udara
b.terangkan apa yg dimaksud dengan SHIP’S WEATHER REPORT ?
SHIP’S WEATHER REPORT : yaitu laporan mengenai keadaan cuaca dilaut.

c.berisi tentang data apa saja yg dilaporkan ?
·  Arah angin
·  Kecepatan angin
·  Keadaan laut
·  Tinggi gelombang
·  Tekanan udara

·  Themperatur udara

METEOROLOGI 6

1.tulis dan jelaskan system tekanan udara yg ada dipermukaan bumi ?
·  Didaearah equatorial: lintang 20U/S tekanan rendah termis
·  Didaerah Sub tropika lintang 20U/S- 50U/S daerah tekanan tinggi sub tropika
·  Didaerah sedang /polar lintang 50-70U/S daerah tekanan rendah /tekanan rendah polar
·  Didaerah kutub lintang 70-90U/S tekanan tinggi kutub.

2.tulis dan jelaskan pembagian jenis dan golongan atmosfera ?
Troposfer : lapisan atmosfer paling bawah
Stratosfer : lapisan diatas troposfer terletak pda ketinggian kurang lebih 50km di atas permukaan bumi.
Mesosfer : lapisan yg terletak diatas stratosfer antara 50-75km.
Termosfer : lapisan yg terletak diatas mesosfer antara 75-650km.
Eksosfer : lapisan yg terletak diatas termosfer yg merupakan lapisan paling atas atmosfera sampai ketinggian tidak diketahui.

3.jelaskan dengan singkat dan jelas cara kerja alat2 pengamatan cuaca.
a.barometer : cara kerja barometer didasarkan atas kotak vidi yg terbuat dari plat logam. Kotak vidi mengembang kalau tekanan udara turun dan akan mengempis kalau tekanan udara naik.

b.thermometer : cara kerja thermometer didasarkan atas sifat logam yg akan memuai kalau themperatur naik dan akan mengecil kalau themperature turun.gerak turun dan naik itu akan bergerak berputar2 diatas sebuah skala themperatur.

c.psychometer : cara kerja psychometer didasarkan atas sifat rambut manusia yg dinersihkan lemaknya.

4.jelaskan sistem dan subsistem isobar beserta penjelasan dari sifat2nya disertai gambar !

SISTEM ISOBAR TERTUTUP terdiri atas:
·  Sistem tekanan tinggi atau system tekanan Anticyclonal.
·  Sistem tekanan rendah atau system tekanan Cyclonal.
System tekanan tinggi dipusat tekanan tinggi dan makin jauh dan pusat, tekanan udara makin berkurang. H = High, mb = milibar (gambar atas)
 Pada system tekanan rendah dipusatnya tekanan udara rendah makin jauh dan pusat : tekanan udara makin bertambah tinggi. L = Low, mb = milibar (gambar bawah).


SISTEM ISOBAR TERBUKA terbagi atas:
·  Sistem Tekanan PELANA simmetris
·  Sistem Tekanan PELANA Anticyclonal.
·  Sistem Tekanan PELANA cyclonal.
Sistem Tekanan Pelana Simmetris. terdiri 2  tekanan rendah,yang berhadapan.Maka Iengkungan isobar-tekanan rendah  sama tajamnya dg Iengkungan Isobar tekanan tinggi.  H = High L = Low mb = milibar. (gambar atas)

Sistem Tekanan Pelana Anti Cycionai.Maka Iengkungan isobar daerah tekanan tinggi lebih tajam drpd lengkungan isobar daerah tek rendah. (gambar bawah)

Sistem Tekanan Pelana Cyclonal. Lengkungan isobar daerah tekanan rendah  Iebih tajam drpd Iengkungan isobar—isobar daerah tekanan tinggi.

5.tulis dan jelaskan pembagian jenis udara secara geografis ?
·  Jenis udara tropika (T) yg merupakan massa udara panas.
·  Jenis udara Polar (P) yg merupakan massa udara dingin
·  Jenis udara Maritime ( m ) =massa udara basah
·  Jenis udara continental(c) = massa udara kering
·  Jenis udara panas (w) =massa udara yg lebih panas
Jenis udara dingin (k) = massa udara yg lebih dingin