1.a.
sebutkan macam2 alat baringan yg digunakan diatas kapal !
Alat
baringan ada 4 macam :
Manual
: jarum semat, penjara benang, thompson, azimuth circle & pelorus.
Menentukan
derajah yaitu : kompas / pedoman magnet basah
dan kering untuk menentukna arah dan tujuan kapal.
Radio
elektronik :
RADAR ( radio detection
ranging ) alat untuk membaring, mendeteksi & menentukan jarak dengan radio.
RDF ( radio direction
finder )
Pengukur
sudut secara datar : sextant alat yg digunakan untuk
menentukan sudut baik secara tegak / horisontal antara dua garis yg ditarik
dari dua titik dari seorang pengamat.,
b.jelaskan
cara menggunakan salah satu alat baring yg anda sebutkan diatas !
prinsip
penggunaan alat baringan jarum semat :
prinsipnya kita melihat
jarum dan benda dalam 1 garis lurus. Dengan melihat dari arah belakang kearah
suatu benda sedemikian rupa sehingga jarum dan benda menjadi satu dan kemudian
pada skala derajat pada piringan pedoman yg terpotong oleh jarum, arah benda
dapat dilihat dari kapal / dapat dibaca.
2.a.
apa yg dimaksud dengan sifat peka piringan pedoman ?
Sifat peka adalah Bila piringan diputar keluar dari arah
keseimbangannya, misalnya oleh benda-benda magnetis, maka harus cepat kembali
kekedudukan seimbang setelah pengaruh magnet dihilangkan ( dijauhkan )
b.apa
yg dimaksud dengan tenang piringan pedoman ?
sifat
tenang adalah Bila terganggu oleh faktor
dari luar misalnya ombak, getaran mesin dll tidak mudah bergerak pada arah
penunjukannya atau tidak mudah mengayun
3.a.
jelaskan perbedaan pedoman magnet dan pedoman gyro ( pedoman gasing )?
Pedoman
magnet : prinsip kerjanya tergantung pada sifat2 magnet
dari sebuah magnet batang dan pengaruh magnet bumi.
Pedoman
gyro : prinsip kerjanya tidak tergantung pada sifat2
magnet bumi melainkan pda cara kerja gyroscope dan tergantung pada tenaga
listrik.
b.dimana
saja pedoman magnet ditempatkan diatas kapal dan kegunaan/fungsi masing2 ?
· di
Monkey Island yg berfungsi sbg alat untuk membaring.
· Di
anjungan / bridge sbg pedoman haluan untuk mengemudikan kapal.
4.jelaskan
keuntungan dan kerugian pedoman basah ( air ) terhadap pedoman kering ?
Keuntungan :
· Moment magnet lebih besar /
kuat
· Moment perlambatan besar
menyebabkan keterangan pada piringan
· Peredaman berguna untuk
menahan bantingan / goyangan zat cair
· Dapat dingunakan di kapal-kapal
kecil
Kerugian :
·
Harganya mahal
·
Perbaikanya sulit
·
Sulit untuk menimbal
·
Jika terjadi gelembung udara maka :
a.
pedoman tidak tenang
b.
Terjadi pengembunan pada tutup kaca sehingga sukar dibaca
5.terangkan
istilah dari sebuah sistem penataan kemudi kapal berikut ini :
a.
emergency steering gear : sistem kemudi yg
digunakan dalam keadaan darurat ( emergency ).
b.
rudder angle indicator : untuk menunjukkan dan
mengetahui arah / sudut pergerakan dari daun kemudi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar