Rabu, 09 Maret 2016

ILMU PELAYARAN DATAR ANT III

1.      Ciri-2 dari peta stereografis =
*  Proyeksi pd bidang datar yg titik pusat proyeksi berlawanan dgn titik singgung atau letaknya 1800 dari titik singgung bidang proyeksi



           
2.     Cara menghitung besarnya bumi yaitu =
a  *  Pilihlah 2 tempat A & B pd satu meridian
*  Jarak A & B diukur dgn teliti
*  Setelah itu kita selidiki berapa besar sudut pusat yg dibentuk oleh normal kota A & B.
b.  Rumus menghitung besarnya bulatan bumi =
         360 0         x Jarak A – B =  Sudut pusat  = Besarnya bulatan bumi






               P1   = Pusat
            A – B = Jajar yg diukur

3.     Pd peta Gnemonik letak titik singgung bidang proyeksi jika jajar menjadi =
a.      Lingkaran =
*  Bila lintang titik singgung = 900, jadi bidang singgung pd salah satu kutub
b.      Paraboala =
*  Lintang jajar = 900 lintang titik singgung
c.      Elips =
*  Lintang jajar > 900 lintang titik singgung
d.      Hyperbola =
*  Lintang jajar < 900 lintang titik singgung

4.     Pd daftar suar diperoleh lingkaran dari sebuah daftar suar sbb : Falsh 0,5 sec. Eclips 2,0 sec. Flash 0,5 sec. Eclips 2,0 sec. Flash 0,5 sec. Eclips 9,5 sec. Visible from 2470 Through North & East to 1060.
Diminta =
a.      Berapa periode suar tsb
b.      Gambarkan sektor suar tsb
Jawab =
a.      Periode Suar tsb adalah 15 detik
                          





5.     Yg dimaksud dgn tanda-2 khusus dr pelampung
*  Tanda-2 diutamakan tdk dgn maksud utk membantu Navigasi, tetapi utk menjukkan suatu kawasan khusus atau hal yg dinyatakan dlm dokument-2 nautis resmi, misalnya =
1.  Tanda-2 system perolehan data samudra
2. Tanda-2 pemisah jalur lalu lintas dmn penggunaan tanda konvensional dpt membingungkan
3. Tanda-2 tempat pembangunan pembuangan
4. Tanda-2 kawasan latihan meliter
5. Tanda-2 kabel atau batangan pipa
6. Tanda-2 kawasan rekreasi


Sumber  : http://pelaut-oke.blogspot.co.id/

BANGUNAN DAN STABILITAS KAPAL ( DASAR GANDA / DOUBLE BOTTOM )

Jelaskan fungsi dasar berganda (double bottom)

GUNA DASAR BERGANDA
  • Bila kapal kandas dan mengalami kebocoran,masih ada dasar yang kedap air
  • Sebagai ruangan muatan cair,air tawar, bahan bakar, ballas, dlsb.
  • Membantu stabilitas kapal
  • Menambah kekuatan melintang kapal

Pada dasar berganda terdapat  tiga jenis yaitu Wrang penuh,wrang terbuka,wrang tertutup. Gambar dan jelaskan bagian – bagian dari wrang penuh
Wrang  penuh  (solid floor) terdapat pada :
Di bawah tiap – tiap gading kamar mesin
Dibawah kursi ketel
Dibawah sekat kedap air
Pada tiap gading di seperempat panjang kapal
Di tempat yang diperbolehkan wrang terbuka dengan jarak tidak lebih dari 10 kaki
Di tempat yang membutuhkan perkuatan
  Keterangan  gambar :
        1.      Center girder
        2.      Longitudinal
        3.      Tank top
        4.      Gading Gading
        5.      Wrang Penuh
        6.      Lempeng samping
        7.      frame




Apakah yang dimaksud dengan gading – gading kapal dan apa kegunaannya
  • Gading-gading adalah plat baja berbentuk U atau baja siku berbintul yang dipasang untuk memperkuat konstruksi melintang kapal, menjaga agar tidak terjadi perubahan bentuk pada kulit kapal, tempat menempelnya kulit kapal dan dapat memberii bentuk pada badan kapal

kegunaan :
  • Memperkuat konstruksi melintang kapal
  • Menjaga agar tidak terjadi perubahan bentuk pada kulit kapal
  • Tempat menempelnya kulit kapal
  • Memberi bentuk pada badan kapal

Jelaskan cara pemberian nomor dan nama pada gading-gading kapal
  • Gading – gading diberi tanda / nomor dengan angka dari belakang kedepan.
  • Penomoran dimulai dari bidang tegak belakang ( cagak kemudi ) sebagai gading nol atau Gading Buritan.
  • Gading sebelah depan Gading Nol diberi nomor urut : ( + ) 1 , 2 , 3, 4 , 5 dst dan gading– gading sebelah belakang gading Nol diberi nomor urut : ( - ) 1, 2, 3, 4, 5 dst atau dengan huruf abjad kecil : a, b, c, d, e dst.

Jelaskan cara pemberian nomor dan tanda pada kulit kapal
pemberian tanda pada kulit kapal dimulai dari plat pengapit lunas yaitu
  • Plat lajur sepanjang kiri kanan lunas datar sebagai lajur A. Lajur lainnya
  • ditandai dari bawah keatas pada tiap – tiap sisi secara alpabet A,B,C dst,
  • kecuali pemberian lajur nomor diberi secara berurutan dari belakang ke depan atau  dari depan ke belakang


Untuk menghubungkan/menyatukan plat-plat kapal, ada dua sistem yang digunakan yaitu sistem las dan sistem keling. Jelaskan dan bandingkan kedua sistem tersebut serta sistem manakah yang lebih baik/efisien untuk digunakan?
Perbadingan antara las dan keling
  • Berat kapal kosong dengan ruangan yang sama
  • kapal yang di keling lebih berat dari kapal yang di las
Kekedapan air (water tight)
  • kapal yang dikeling sering direparasi sehubungan dengan paku kelingnya banyak yang menjadi longgar setelah beroperasi beberapa lamanya
Kekuatan sambungan
  • sambungan yang dilas lebih kuat dari pada sambungan yang dikeling
Tempat
  • Mengelas dapat dilakukan di bawah air,
  • sedangkan mengeling sampai saat ini hanya dapat dilakukan di atas permukaan di air
Ketenangan
  • Bengkel las lebih tenang dibandingkan dengan bengkel keling
Temperatur
  • mengeling dapat dilakukan dengan baik di hawa dingin tetapi mengelas akan memberikan hasil yang kurang baik pada derajat pada temperatur kurang dari 10˚ Fahrenheit
  • Kecepatan  biaya  reparasi
  • Biaya reparasi kapal yang di las lebih sedikit dari pada kapal yang dikeling
  • Pada las terjadi pengurangan bobot 15 – 20 %
  • Menurut perbandingan di atas lebih efisien bila mengelas dari pada dikeling

Sumber : bp3ipjakarta.ac.id
data dari berbagai sumber 

Minggu, 06 Maret 2016

ISM Code



ISM Code.

ISM Code  atau, International Management Code for the Safe Operation of Ships and for Pollution Prevention , adalah suatu aturan internasional untuk pengoprasian kapal yang aman dan untuk mencegah terjadinya pencemaran
Aturan menetapkan tujuan keselamatan-manajemen dan memerlukan sistem manajemen keselamatan (SMS) yang akan didirikan oleh "Perseroan", yang didefinisikan sebagai pemilik kapal atau orang, seperti manajer atau menyewa bareboat, yang telah mengambil tanggung jawab untuk operasi kapal.
Perusahaan ini kemudian diminta untuk menetapkan dan melaksanakan kebijakan untuk mencapai tujuan tersebut. Ini termasuk menyediakan sumber daya yang diperlukan dan dukungan berbasis di darat.

Setiap perusahaan diharapkan "untuk menunjuk seseorang atau beberapa orang darat memiliki akses langsung ke tingkat tertinggi manajemen". Atau biasa di sebut DPA

Prosedur yang diperlukan oleh Peraturan harus didokumentasikan dan disusun dalam Manual Manajemen Keselamatan, salinan yang harus disimpan di atas kapal.

Tujuan dari ISM Code adalah:

  1. Untuk memastikan keselamatan di laut
  2. Untuk mencegah cedera atau hilangnya nyawa manusia
  3. Untuk menghindari kerusakan lingkungan dan ke kapal.


SOLAS mengadopsi ISM Code pada tahun 1994 dan dimasukkan ke dalam bab IX. 


  • Pada tahun 1998 Banyak perusahaan pelayaran komersial diwajibkan harus sesuai dengan kode ISM Code .

  • Pada tahun 2002 hampir semua Perusahaan pelayaran internasional diwajibkan  untuk mematuhi Kode ISM.

Dalam rangka untuk mematuhi ISM Code, masing-masing kelas kapal harus memiliki kerja Sistem Manajemen Keselamatan (SMS). Setiap SMS terdiri dari unsur-unsur berikut:

  • Komitmen dari manajemen puncak
  • Sebuah Manual Kebijakan Teratas
  • Manual Prosedur yang mendokumentasikan apa yang dilakukan di atas kapal, selama operasi normal dan dalam situasi darurat
  • Prosedur untuk melakukan baik audit internal dan eksternal untuk memastikan kapal melakukan apa yang di dokumentasikan dalam Manual Prosedur
  • DPA atau orang yang tunjuk di darat untuk melayani sebagai penghubung antara kapal dan staf perusahaan di darat dan untuk memverifikasi pelaksanaan SMS
  • Sebuah sistem untuk mengidentifikasi di mana praktik yang sebenarnya tidak memenuhi orang-orang yang di dokumentasikan dan untuk melaksanakan tindakan korektif terkait

    
Tinjauan manajemen biasa
 
Tujuanlain dari ISM Code adalah agar kapal dipertahankan sesuai dengan ketentuan peraturan dan ketentuan yang relevan dan dengan persyaratan tambahan yang dapat dibentuk oleh Perusahaan.

  • Setiap ISM kapal compliant diaudit,
  • Pertama  oleh Perusahaan (audit internal) dan
  • Kemudian  masing-masing 2,5 sampai 3 tahun oleh Departemen Perhubungan untuk memverifikasi pemenuhan dan efektivitas Sistem Manajemen Keselamatan mereka.
  • Setelah SMS diverifikasi dan itu bekerja dan diimplementasikan secara efektif, kapal akan diterbitkan Sertifikat Manajemen Keselamatan.
  • Komentar dari auditor dan / atau audit internal dan dari kapal dimasukkan ke dalam SMS oleh kantor pusat.

Persyaratan dari ISM dapat diterapkan untuk semua kapal.
ISM Code diciptakan oleh IMO dan Ferriby Marine Capt. Graham Botterill, Spesialis Penasihat Kerajaan di Inggris pada keselamatan kapal dan lainya.

Sumber :

Download KeyBlaze Aplikasi untuk Memperlancar mengetik

Seiring dengan berkembangnya Dunia komunikasi sehingga  mau tidak mau, suka tidak suka kita akan tetap berhadapan dengan namanya Keyboard entah itu di PC, Dekstop ataupun Smart Phone yang kita miliki.

keyboard yang ada di pasaran  terdapat beberapa type salah satu type nya adalah Qwerty. kenapa yang saya pilih adalah Qwerty ? karena aplikasi Game yang akan saya bagikan ini mendukung untuk Keyboard tipe QWERTY.  

Tipe  keyboard yang satu ini sangat Familiar dan rata rata Keyboard yang di gunakan adalah tipe QWERTY  Tata letak keyboard QWERTY ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905.
QWERTY diambil dari 6 huruf berurutan pada baris kedua dari tombol alfanumerik tersebut. Keyboard QWERTY didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik (pada mesin ketik mekanik).

Bersama artikel ini saya akan membagikan satu aplikasi yang bisa digunakan untuk belajar mengetik,  Aplikasi yang saya maksud adalah  KeyBlaze Tiping tutor.
Kelebihan Aplikasi ini adalah :
  • Sangat  ringan dan tidak memberatkan kinerja ram
  • Tampilan sangat mudah di mengerti
  • Tipe pembelajaran bisa kita pilih dari exercise, diktation dan games sehingga kita tidak akan bosan untuk belajar sambil bermain.


Nah untuk mendownload aplikasi ini klik disini aplikasi yang ada ini adalah Trial version / free version dan jika anda ingin mendownload full versioan nya bisa kunjungi http://www.nchsoftware.com/typingtutor/


Cara untuk Menginstalnya adalah sebagai berikut 



  • Download aplikasinya di sini
  • Untuk meng Extrak filenya dan masukan Password : soalukp@blogspot.com ukuran file sebesar 1.472 kb
  • Klik kanan Kblaze.exe pilih run as administrator / open


  • Lanjut  accept the lisence aggrement :


  • Klik next dan pilih yang ingin anda insta

  • Klik Finish dan pilih  antara lain




  • Lanjut klik Finis dan Hola.. selamat bermain sambil belajar.


Demkian tips dari saya semoga membantu.
Jangan lupa Komen nya ya... GBU