Sabtu, 26 Januari 2013

UKP MUATAN 5


1.     Tuliskan 5 prinsip pemuatan dan jelaskan maksud dari masing masing prinsip pemuatan tersebut secara singkat dan jelas
Jawab :
5 prinsip pemuatan,antara lain :
1.     melindungi kapal a/menciptakan suatu keadaan dimana dalam melaksanakan kegiatan penanganan & pemuatan,kapal  senantiasa tetap dalam kondisi yang baik, aman serta layak laut. Dan yang perlu diperhatikan adalah pembagian muatan secara tegak,melintang,membujur & secara khusus pada geladak antara
2.     melindungi muatan berarti menyangkut  tanggung jawab pihak pengangkut (carrier)terhadap keselamatan muatan yg dimuat dari pelabuhan ke pelabuhan tujuannya dengan aman sebagaimana kondisi muatan  seperti saat penerimaannya.
3.     bongkar muat secara cepat,teratur & sistimatis a/menciptakan suatu proses kegiatan bongkar muat yang efesien &efektif dalam penggunaan waktu serta biaya.
4.     pemanfaatan ruang muat semaksimal mungkina/menyangkut penguasaan ruang rugi (broken stowage),pengaturan muatan yang dilakukan sedemikian rupa sehingga ruang muat yang tersedia dpt diisi dengan muatan sebanyak mungkin & ruang muat yang tidak terpakai dapat ditekan sekecil mungkin.
5.     melindungi ABK & buruh a/menyangkutatas keselamatan jiwa ABK & buruh yang mana bahwa selama ABK & buruh/pekerja melaksanakan kegiatannya senantiasa selalu terhindar dari segala bentukresiko² yang mungkin/dapat terjadi yang berasal dari pelaksanaan bongkar muat.

2.     Bagaimana menyiapkan ruang muat di kapal u ntuk menerima muatan campuran general cargo. Jelaskan secara berurutan dari a3wal sampai palka benar benar siap di gunakan.?
jawab :
Langkah2 yang dilakukan u/persiapan sebuah palka agar siap u/menerima muatan,antara lain :
1.     pembersihan ruang muat,yaitu : mengeluarkan sisa² & bekas² muatan terdahulu termsuk sisa² & bekas² penerapan dengan menyapu bersih kotoran & debu² ruangan termasuk dinding²
2.     membersihkan got² dari segala kotoran² yang dapat menyumbat saringan & pipa isapnya
3.     ruangan yg telah disapu bersih kemudian dicuci dgn air tawar u/menghilangkan debu² yang masih melekat jika ruangan berbau maka air cucian  diberi campuran bahan kimia sedikit u/menghilangkan bau yang tidak enak
4.     air cucian yang tertampung dalam got² dikuras/dikeringkan
5.     menjalankan ventilasi ruang muat agar ruang muat cepat kering
6.     Palka siap untuk di muati

3.     Dalam pelaksanaan pemuatan di kapal bahwa kehilangan ruang muat atau broken stowage termasuk hal yang perlu mendapatkan perhatian. Apakah yang menyebabkan terjadinya broken stowage dan bagaimana cara mengatasinya jelaskan jawaban saudara sebaik baiknya
Jawab :
Penyebab utama terjadinya ruang rugi (broken stowage),antara lain : bentuk palka, bentuk muatan, jenis muatan, penggunaan penerapan (dunnage)
Cara Mengatasinya adalah :
1.     pemilihan bentuk muatan yang sesuai dengan bentuk palka
2.     pengelompokan & pemilihan jenis muatan
3.     penggunaan muatan pengisi (filler cargo)
4.     penggunaan dunnage seminim mungkin

4.     Apakah yang di maksud dengan stowage faktor itu dan bagaimanakah menentukan stowage faktor suatu muatan yang berupa peti yang jika di ketahui peti petitersebut memiliki ukuran panjang = 80 cm, lebar 60 cm, tinggi 55cm dimana berat tiap2 peti tersebut = 200 kg
Jawab :
jawab :
SF = (1000 . v)
               w
     = (1000 x 0,8 x 0,6 x 0,55)
                         200
     = 1,32 m³/ton

5.     Kapal muat minyak sebanyak = 26.350 ton pada suhu rata2 = 48,5°F,API grafity = 51,82 & Coefisien koreksi BJ = 0,00045/°F.Diketa hui 1 American Barel = 0,1515942 CBM & berat 1 CBM air tawar = 1,0288 ton.Berapa American Barel minyak yang dimuat tsb ?

Dik  : muatan kapal tanker                 = 26.350 ton
suhu minyak                     = 48,5°F
API grafity minyak            = 51,82
koreksi BJ                         = 0,00045°F
1 AMB                              = 0,1515942CBM
ditanya : AMB = … ?
jawab :
Rumus : API      =   141,5
BJ
                          =  131,5
BJ standard        =       141,5      .
                                 API + 131,5
=        141,5       .
               51,82 + 131,5
          =  0,7718 (S1)
S2             = S1 – C (t2 – t1)
                          = 0,7718 – 0,00045 (60 – 48,5)
= 0,7766 (S2)
w (berat minyak)     = V . w1 . S1
26.350               = V . ­1 x 0,7766
                                   1,0288
26.350                  = V . 0,7549
        V                         = 26.350
                                     0,7549
                                     = 34.905,3 CFT x 0,1515942
                                     = 5291,4 American Barel

UKP MUATAN 4


1.     Jelaskan jenis jenis muatan di tinjau dari :
a.      Cara pemuatan
b.     Sifat muatan
c.      Perhitungan uang tambang
Jawab
a.      jenis² muatan ditinjau dari cara pemuatan, antara lain :
1.     muatan curah (bulk cargoes) a/muatan  yang tidak menggunakan kemasan. contoh : batubara,gandum,semen,biji besi,jagung,kopra,dll
2.     muatan dingin/beku (refrigerated/frozen  cargoes) a/muatan yang membutuhkan suhu tertentu yang cukup rendah. contoh : daging,keju,buah,sayuran,dll
3.     muatan cair (liquid cargoes) a/hasil minyak (oil product). Contoh MDF,bensin, kerosine, minyak kelapa sawit,dll
4.     muatan gas (gas cargoes) a/muatan yang berupa gas. contoh : gas alam cair (liquefied natural gas),dll
5.     muatan campuran (general cargoes) a/muatan yg memiliki/menggunakan kemasan tertentu. contoh : peti²,karung²an,karton,dll
6.      muatan peti kemas (container cargoes) a/muatan yang berupa peti dari baja dengan ukuran standard.
7.      contoh : peti kemas ukuran 20 & 40 ft

b.     jenis² muatan ditinjau dari sifat & mutu, antara lain :
1.     muatan basah (wet cargo) a/muatan yang berbentuk cairan & dikemas dalam drum,tong,plastic,botol,kaleng/sejenisnya yang dapat bocor. contoh : minuman,cat cair,susu cair,dll
2.     muatan kering (dry cargo) a/ yang tidak mengandung cairan. contoh : kaca,besi,kelontongan,dll
3.      muatan bersih (clean cargo) a/muatan yang tidak meninggalkan kotoran. contoh : tekstil,timah batangan,dll
4.      muatan kotor (dirty cargo) a/muatan yang meninggalkan kotoran. contoh : arang,semen,aspal,terigu,dll
5.     muatan berbau (odorous cargo) a/muatan yang mengeluarkan aroma tajam serta tidak enak & menyebabkan kerusakan pada muatan yang lain. contoh : amoniak,karet mentah,dll
6.     muatan peka (delicate cargo) a/muatan  yang mudah rusak akibat aroma/bau yang lain. contoh : tembakau,teh,kopi,dll
7.     muatan berbahaya (dangerous cargo) a/ muatan yang mengandung resiko terhadap keselamatan jiwa manusia,kapal & muatan lainnya. contoh : amunisi,bahan kimia & korekapi
8.     muatan berharga (valueables cargo) a/muatan dengan bentuk kecil tapi memiliki nilai yang tinggi. contoh : electronic,jam tangan &permata
9.     muatan hewan (life stock) a/muatan yang berjiwa selain manusia. contoh : sapi,kuda,babi,dll
c.      jenis² muatan ditinjau dari perhitungan biaya angkut,antara lain :
1.     muatan berat (heavy cargo) a/muatan  yang mempunyai stowage factor < 1,114 m³/ton.  contoh : semen,besi,timah,pelat baja,dll
2.     muatan ringan (light cargo) a/muatan yang mempunyai stowage factor > 1,114 m³/ ton.contoh : beras,plywood,the,tekstil,dll
3.     muatan standard (measurement cargo) a/muatan yang mempunyai stowage factor = 1,114 m³/ton. contoh : papan,bahan kosmetik,dll

2.     Jelaskan apa yang di maksud dengan
a.      Mate receipt
b.     Final stowage plan
c.      Manifest
Jawab :
a.      Mate Receipt : surat tanda  terima barang/muatan diatas kapal sesuai dengan keadaan muatan tsb yang ditanda tangani oleh mualim 1.
b.     Final stowage plan : gambaran informasi yang menunjukan keadaan sebenarnya dari letak letak muatan, berat, jumlah dan beratnya pada setiap palka yang di lengkapi dengan consigment mark untuk masing masing pelabuhan
c.      Manifest adalah surat yg merupakan suatu daftar barang²/muatan yang telah dikapalkan

3.     a.     Jelaskan apa yang di maksud denganstowage faktor
a.      Jelaskan dengan perhitungan bagaimana menentukan SF muatan berupa peti dengan ukuran 50 x 45 x 20 cm,dimana berat tiap peti = 70 kg.
diket : V = 50 x 45 x 20 cm
                = 45.000 cm3 = 0,045 m3
            w = 70 kg
ditanya : SF = … ?
jawab :
SF = (1.000 . V)
                w
= (1.000 x 0,045)
                 70
   = 0,643 m3/ton
4.     Tween deck berukuran 22,5 x 17,5 x 6 m dengan nilai C = 4,5 ton/m2 akan diisi dgn baja yang mempunyai BJ = 2,1.Bila dalam pemuatan BS = 10 %,maka hitunglah berapa ton baja yang dapat dimuat dgn aman ?
diket : V = 22,5 x 17,5 x 6 m
            C  = 4,5 ton/m2
            BJ = 2,1
            BS = 10 %
ditanya : T = … ?
jawab :
SF = 1/BJ
     = 1/2,1
     = 0,4762 m3/ton

H = C . SF
    = 4,5 x 0,4762
    = 2,1429 m

V = 22,5 x 17,5 x 2,1429 m
   = 843,77 m

T = 843,77 x (1 – 10 %)
                 0,4762
   = 1594,69 ton
5.     Kpl dengan total ruang muat = 12.000 m3, DWT = 8.000 ton,OPL FO = 400 ton,FW = 200 to,store = 50 ton & BS = 10 % akan di muati hingga full & down dengan muatan : - general cargo,SF = 2      m3/ton
- timah,SF               = 0,25 m3/ton
- kapas,SF               = 3      m3/ton
- kopi & kemasan,SF = 0,97 m3/ton
Hitung berapa ton masing2 yang dimuat ?
jawab :
DWT   = 8.000 ton
OPL     =    650ton -
DWCC = 7.350 ton

V            =12.000 m3
BS 10 %=  1.200 m3-
V.Effektif= 10.800 m3

Td = _________ V – (T . Sfa) _________
         (Sfd – Sfa) + (Sfd – Sfb) + (Sfd – Sfc)
     =___10.800 – (7.350 x 0,25)__
         (3 – 0,25) + (3 – 0,97) + (3 – 2)
     = 8.962,5
           5,78
     = 1.550,6

T1 = T – Td
     = 7.350 – 1.550,6
     = 5.799,4

Vd = Td . Sfd
      = 1.550,6 x 3
      = 4.651,8

V1 = V – Vd
     = 10.800 – 4.651,8
     = 6.148,2

Tc =  ____ V1 – (T1 . Sfa) __
         (Sfc – Sfb) + (Sfc – Sfa)
     = 6.148,2 – (5.799,4 x 0,25)
          (2 – 0,97) + (2 – 0,25)
     = 4.698,35
            2,78
     = 1.690

T2 = T1 – Tc
     = 5.799,4 – 1.690
     = 4.109,4

Vc = Tc . Sfc
      = 1.690 x 2
      = 3.380

V2 = V1 – Vc
     = 6.148,2 – 3.380
     = 2.768,2

Tb = V2 – (T2 . Sfa)
 Sfb – Sfa
      = 2.768,2 –(4.109,4 x 0,25)
     0,97 – 0,25
      = 1.740,85
              0,72
      = 2.417,8

Ta = T – (Td + Tc + Tb)
     = 7.350 – (1.550,6 + 1.690 + 2.417,8)
     = 7.350 – 5.658,4
     = 1.691,6

jadi,berat masing2 muatan,antara lain :
Ta= 1.691,6 x 0,25 = 422,9
Tb= 2.417,8 x 0,97 = 2.345,3
Tc = 1.690     x 2      = 3.380
Td= 1.550,6 x 3       = 4.651,8 +
DWCC  = 7.350           ∑V = 10.800 ton

Jumat, 25 Januari 2013

KUTIPAN SEMINAR IMPLEMENTASI HASIL STCW AMANDEMEN 2010 Manila

Klik Disini untuk membaca kelanjutannya

Salam  Hangat... 

UKP MUATAN 3


1.     a. Tuliskan keuntungan mengangkut muatan dalam kontainer. Minimal 5
b.     kapal kontainer itu akan memuat 1500 TEU’S. Apakah yang di maksud dengan TEU’S itu
jawab :
a.      Keuntungan mengangkut muatan dengan container,antara lain :
1.     transport antar dunia
2.     muat bongkar lebih cepat dari metoda angkutan muatan yang lain
3.     lebih disederhanakan
4.     resiko kerusakan & pencu rian lebih kecil
5.     biaya asuransi lebih kecil
6.     stevedoring kecil (buruh sedikit)
7.     muatan lebih sederhana
8.     cara pemuatan & administrasi dapat dikendalikan melalui computer
b.     TEU : ( Twenty Feet equivalent unit ) ukuran standar peti kemas ukuran 20 feet
2.     jelaskan apa yang di maksud :
a.     Broken Stowage
b.     Stowage Faktor
c.      Over Stowage
d.     Over Cariage
e.      Filler Cargo
Jawab :
a.      Broken Stowage adalah : Besarnya presentase % jumlah ruangan yang hilang atau ruang yang tidak terpakai pada pengaturan muatan dalam suatu palka
b.     STOWAGE Faktor adalah : besarnya ruangan dalam myang di butuhkan untuk memuat  muatan sebesar 1 ton
c.      Over stowage adalah : muatan yang seharusnya di bongkar di suatu pelabuhan tertentu terhalang oleh muatan di atasnya
d.     over carriage a/muatan yang seharusnya dibongkar disuatu pelabuhan tujuan  terbawa ke pelabuhan berikutnya (next port).
e.      Filler cargo : adalah Muatan yang di pakai  untuk mengurangi BS



3.     Jelaskan pembagian muatan berbahaya berdasarkan kelasnya menurut konvensi solas’74 chapter VII Cariage of dangerous goods


Jawab :
pembagian muatan berbahaya berdasarkan kelasnya menurut konvensi solas’74 chapter VII Cariage of dangerous goods adalah :
1.     Class 1        :  Explosives
2.     Class 2 Gases              : compressed, liquefied or dissolved under pressure
3.     Class 3        : Flammable liquids
4.     Class 4.1     : Flammable solids
Class 4.2     : Substances liable to spontaneous combustion
Class 4.3     : Substances which, in contact with water, emit flammable gases
5.     Class 5.1     : Oxidizing substances
Class 5.2     : Organic peroxides
6.     Class 6.1     : Toxic substances
Class 6.2     : Infectious substances
7.     Class 7        : Radioactive materials
8.     Class 8        : Corrosives
9.     Class 9        : Miscellaneous dangerous substances and articles, i.e. any other substance which experience has shown, or may show, to be of such a dangerous character that the provisions of this part shall apply to it.

4.     Sebuah palka dengan volume 2500 m3 dipenuhi dengan muatan karung karungan. Sesuia data yang ada, karung dalam kapal tersebut = 12000 karung berat tiap karung 90 kg jika SF muatan = 1,90 m3/ton hitunglah berapa BS dalam Pemuatannya
Jawab :
Dik     Vr           =  2.500   m3
            SF          =  1,9 m3/ton
Berat muatan ( T ) = 12.000 x 90 = 1.080.000 kg / 1080 ton
Dit     BS = … ?
jawab :
Vm    = SF . T
          = 1,9 x 1.080
          = 2.052.m3

x 100 %
 
BS      =  (Vr – Vm)

x 100 %
 
                      Vr
           = (2500 – 2052)
                    2500
= 0,179 %

UKP MUATAN 2


1.     Jelaskan apa yang di maksud dengan
a.     TEU, pada penanganan muatan kontainer
b.     Ulage Pada pemuatan Liquid cargo dalam tanki
Jawab :
a.      TEU : Twenty Feet equivalent unit ) ukuran standar peti kemas ukuran 20 feet
b.     ullage a/jarak yang diukur dari permukaan zat cair sampai ke permukaan tangki.
2.     a.    Terangkan bagaimana cara anda menghitung Broken Stowage
b.     sebutkan empat penyebab utama Broken Stowage
Jawab :
a.      cara menghitung BS
BS = Volume Palka – Volume Muatan x 100%
                                   Volume Palka
b.     4 penyebab utama terjadinya ruang rugi (broken stowage),antara lain :
1.     bentuk palka
2.     bentuk muatan
3.     jenis muatan
4.     penggunaan penerapan (dunnage)

3.     a.    Sebutkan data data muatan yangtertera dalam Resi Mualim ( Mate Receipt )
b.     jelaskan apa yang di maksud dengan “Cargo Exception Record
Jawab :
a.      data yang tertera dalam Resi Mualim adalah :
1.     Tally sheet
2.     Cargo Manifest
3.     Latter of idemnity
4.     Statemen of fact
5.     Stowage plan
b.      Cargo Exception Record adalah : laporan catatan mengenai penerimaan muatan yang rusak, muatan berbau, muatan yang mengeluarkan aroma tajam serta tidak enak dan menyebabkan kerusakan pada muatan lain
4.     Sebuah kapal mempunyai sarat rata2 = 6,8 m akan membongkar muatan A sebanyak 150 ton dengan SF = 2,1 m3/ton & juga membongkar muatan B yang berupa peti2, volume tiap peti = 0,43 m3 dengan berat tiap peti = 100 kg.Setelah selesai bongkar sarat rata2 menjadi = 6,6 m,TPC diketahui rata2 = 20 & dalam pembongkaran muatan tsb BS diperhitungkan sebesar 5 %. Hitunglah :
a.      volume ruangan yang dibongkar !
b.     jumlah kollie muatan B yang dibongkar !
Jawab :
Dik : Draft awal       = 6,8 m = 680 cm
: Draft akhir       = 6,6 m = 660 cm
: Muatan A        = 150    ton
: SF                    = 2,1 m3/ton
Muatan b           = 100    kg
Vm                    = 2,1 m3
TPC                   = 20 ton/cm3
BS                     =  5 % = 0,05
Dit :
a.      Vr yang dibongkar      = … ?
b.     PB                                = … ?
Jawab a :
Draft awal = 6,8 m = 680 cm
Draft akhir = 6,6 m = 660 cm -
Δ Draft                   =   20 cm
w             = Δ Draft . TPC
          = 20 x 20
= 400 ton
muatan a + muatan b = 400 ton
150 ton    + muatan b = 400 ton
muatan b  = 400 – 150 ton = 250 ton
1 peti       = 100       kg
Vm          =      0,43 m3
100 kg     =  0,43 m3
 250.000 kg  =        x
x              = 250.000 kg . 0,43
                   100
jadi,Vm = 1.075 m3

Jawab b.
BS            =  (Vr – Vm) x 100 %
            Vr
0,05         = (Vr – Vm) x 100 %
          Vr
0,05Vr     = Vr – 1.075
0,95Vr     = 1.075
Vr      = 1.075/0,95
Vr      = 1.131,6 m3

jadi,jumlah kollie muatan b =
P              = Vr (1 – BS)
       Vm
= 1.131,6 (1 – 0,05)
        0,43
= 2.500 kollie

5.     Sebuah tangki bahan bakar & luas = 75 m2 sedang mengisi minyak dgn menggunakan pipa yang mempunyai diameter 200 mm, saat itu ullage = 1,6 m.Berapa lama pengi sian & berlangsung jika nantinya ullage menjadi 800 mm,bilamana diketahui meng alir minyak dalam pipa = 1,75 m/dtk.
Dik  :                 luas tangki               = 75 m2
          diameter pipa           = 200 mm
DIT : ROF & time in hour ?
jawab :
beda ullage        = 1600 – 800 mm
                          = 800 mm = 0,8 m
volume minyak yang diisi = 75 x 0,8 = 60 m3
luas penampang = p.r2
                           = 3,14  x 100 x 100

                           = 314 mm2 = 
0,031416 m2
ROF  = p.r2. V
          = 22 x 0,1 m2 x 1,75 m/detik
              7
         = 0.055 m3/detik
u/mengisi 60 m3 = 60 detik : 0,055 m3/detik
                        = 1091 detik
                              60   detik
                        = 18,18 menit