1.
Tuliskan 5
prinsip pemuatan dan jelaskan maksud dari masing masing prinsip pemuatan
tersebut secara singkat dan jelas
Jawab
:
5 prinsip pemuatan,antara lain :
1.
melindungi kapal
a/menciptakan suatu keadaan dimana dalam melaksanakan kegiatan penanganan & pemuatan,kapal senantiasa tetap dalam kondisi yang baik, aman serta layak laut. Dan yang perlu diperhatikan adalah pembagian muatan secara tegak,melintang,membujur & secara khusus
pada geladak antara
2. melindungi muatan berarti menyangkut tanggung jawab pihak pengangkut (carrier)terhadap
keselamatan muatan yg dimuat dari pelabuhan ke pelabuhan tujuannya dengan aman
sebagaimana kondisi muatan seperti saat
penerimaannya.
3. bongkar muat secara cepat,teratur & sistimatis
a/menciptakan suatu proses kegiatan bongkar muat yang efesien &efektif
dalam penggunaan waktu serta biaya.
4. pemanfaatan ruang muat semaksimal mungkina/menyangkut
penguasaan ruang rugi (broken stowage),pengaturan muatan yang dilakukan
sedemikian rupa sehingga ruang muat yang tersedia dpt diisi dengan muatan
sebanyak mungkin & ruang muat yang tidak terpakai dapat ditekan sekecil
mungkin.
5. melindungi ABK & buruh a/menyangkutatas keselamatan
jiwa ABK & buruh yang mana bahwa selama ABK & buruh/pekerja melaksanakan
kegiatannya senantiasa selalu terhindar dari segala bentukresiko² yang mungkin/dapat
terjadi yang berasal dari pelaksanaan bongkar muat.
2.
Bagaimana
menyiapkan ruang muat di kapal u ntuk menerima muatan campuran general cargo.
Jelaskan secara berurutan dari a3wal sampai palka benar benar siap di gunakan.?
jawab :
Langkah2 yang dilakukan u/persiapan sebuah
palka agar siap u/menerima muatan,antara lain :
1. pembersihan ruang muat,yaitu : mengeluarkan sisa² & bekas² muatan terdahulu termsuk sisa² & bekas² penerapan dengan menyapu bersih kotoran & debu² ruangan termasuk
dinding²
2. membersihkan got² dari segala kotoran² yang dapat menyumbat saringan & pipa isapnya
3. ruangan yg telah disapu bersih kemudian dicuci dgn air tawar u/menghilangkan debu² yang masih melekat jika ruangan berbau maka air cucian diberi campuran
bahan kimia sedikit u/menghilangkan
bau yang tidak enak
4. air cucian yang tertampung dalam got² dikuras/dikeringkan
5. menjalankan ventilasi ruang muat agar ruang muat cepat kering
6.
Palka
siap untuk di muati
3.
Dalam pelaksanaan
pemuatan di kapal bahwa kehilangan ruang muat atau broken stowage termasuk hal
yang perlu mendapatkan perhatian. Apakah yang menyebabkan terjadinya broken
stowage dan bagaimana cara mengatasinya jelaskan jawaban saudara sebaik baiknya
Jawab
:
Penyebab
utama terjadinya ruang rugi (broken stowage),antara
lain :
bentuk palka, bentuk muatan,
jenis muatan, penggunaan penerapan (dunnage)
Cara
Mengatasinya adalah :
1.
pemilihan bentuk
muatan yang sesuai dengan bentuk palka
2.
pengelompokan
& pemilihan jenis muatan
3.
penggunaan muatan
pengisi (filler cargo)
4.
penggunaan
dunnage seminim mungkin
4.
Apakah yang di
maksud dengan stowage faktor itu dan bagaimanakah menentukan stowage faktor
suatu muatan yang berupa peti yang jika di ketahui peti petitersebut memiliki
ukuran panjang = 80 cm, lebar 60 cm, tinggi 55cm dimana berat tiap2 peti
tersebut = 200 kg
Jawab
:
jawab :
SF = (1000 . v)
w
= (1000 x 0,8 x 0,6 x 0,55)
200
= 1,32 m³/ton
5. Kapal muat minyak
sebanyak = 26.350 ton pada suhu rata2 = 48,5°F,API grafity = 51,82
& Coefisien koreksi BJ = 0,00045/°F.Diketa hui 1 American Barel = 0,1515942
CBM & berat 1 CBM air tawar = 1,0288 ton.Berapa American Barel minyak yang
dimuat tsb ?
Dik : muatan
kapal tanker = 26.350 ton
suhu
minyak = 48,5°F
API
grafity minyak = 51,82
koreksi
BJ = 0,00045°F
1
AMB = 0,1515942CBM
ditanya
: AMB = … ?
jawab
:
Rumus
: API = 141,5
BJ
= 131,5
BJ
standard = 141,5 .
API + 131,5
= 141,5
.
51,82 + 131,5
= 0,7718 (S1)
S2 = S1 – C (t2 – t1)
= 0,7718 – 0,00045 (60 – 48,5)
= 0,7766 (S2)
w (berat minyak) = V . w1 . S1
26.350 = V . 1 x
0,7766
1,0288
26.350 = V . 0,7549
V = 26.350
0,7549
= 34.905,3
CFT x 0,1515942
= 5291,4
American Barel